Resep Membuat Tape Ketan Hitam agar bisa menjadi makanan enak

 Tape atau tapai adalah kudapan yang dihasilkan besutan sistem fermentasi bahan pangan berkarbohidrat yang menjadi substrat dengan ragi. Di Tanah air serta negara-negara tetangganya, substrat ini umumnya berasal besutan umbi singkong serta beras ketan. Ragi kepada fermentasi tape adalah kombinasi ada banyak mikroorganisme, terlebih fungi (kapang serta jamur). Selanjutnya biasanya tape berupa semi-cair, lunak, berasa manis keasaman, mengandung alkohol, serta mempunyai struktur lengket. Spesial Jawa, tape ketan hitam umumnya disajikan oleh langkah dibungkus daun pisang. Di bawah ini merupakan langkah menjadikan tape ketan hitam.
Langkah Pembuatan

Bahan-bahan selengkapnya baca di ---->> Resep Membuat Tape Ketan Hitam


Bersihkan beras ketan hitam sampai bersih, sebelumnya rendam semalaman agar lembek. Ini kepada mempercepat sistem membuatnya.
Tiriskan beras ketan hitam yang telah lembek, sebelumnya kukus oleh sedikit air hingga 1/2 masak. Waktu mengukus beras ketan hitam, sediakan air panas 2 gelas.
Apabila ketan telah panas mengepul, sirami oleh air mendidih tadi (tempat kukusan masih sama ada diatas kompor) sembari diaduk-aduk hingga semuanya ketan rata terserang air panas.
teruskan mengukus sampai ketan jadi masak.
Apabila telah masak, angkat ketan serta ratakan dalam nampan yang besar serta lebar.
Diamkan sampai betul-betul dingin. Waktu menanti dingin, haluskan ragi.
Ratakan selapis perdana ketan dalam wadah berukuran tengah, taburi ragi sampai rata. Taburkan pula gula halus seperlunya.
Berikan selapis ke-2 ketan di atasnya, taburi ragi sekali lagi serta gula kastor. Kerjakan selanjutnya ketiga ke empat dst sampai bahan habis.
Tutup rapat serta diamkan sepanjang 3 hari 2 malam ditempat yang hangat.
Sebaiknya sediakan wadah misal baskom kecil atau tengah, sebelumnya alasi wadah
baskom oleh daun pisang, lalu tempatkan ketan hitam yang sudah di beri ragi kedalam baskom serta tutup rapat misal membungkus nasi.

Selamat coba. Mudah-mudahan berguna.

0 Response to "Resep Membuat Tape Ketan Hitam agar bisa menjadi makanan enak"

Posting Komentar